Pengertian Microsoft Exel
Pengertian
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan
dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para
akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam
perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel
juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat
keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap
bulan atau minggu.
Microsoft
Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft
Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan
yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang
akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena
dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft
Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun
juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli
computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan
kita.
Didalam
program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel.
Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih
grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom,
area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom
Types.
Didalam
program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model
huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk
membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara
mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil
variasi huruf yang menarik.
Mengenal Spreadsheet
1.
Tampilan Menu Excel
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui
adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file
yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program yang digunakan yaitu
Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas .
1. Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti
File, Edit, View, Insert, Format, Tools,Data,Help
2. Standard Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3. Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan decimal,dll..
4. Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
5. Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
6. Lajur Status Indikator
2. Standard Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3. Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan decimal,dll..
4. Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
5. Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
6. Lajur Status Indikator
Nama : Erni Tri H
Kelaz : X1
(sepuluh satu)
Absen : 10 (sepuluh)
0 komentar:
Posting Komentar