Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk
mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini
sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan
sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama
barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya
dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit
memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan
Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan
laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan,
manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan
fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman
macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan
windows.
Setelah muncul tampilan menunya pilih Program,
kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
Muncul Gambar 1.1
1.2 Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft
Excel, terlebih dahulu kita harus
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel

Gambar 1.1
Tampilan di
layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau
nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program
yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan,
mencetak dan mempublish
dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk
mempercepat akses
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak
dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang
mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan
pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik
pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif
jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan
menggulung layar vertikal dan horisontal.
1.3 Memulai Buat Dokumen
Pada sub bab
ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana.
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang
cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat
tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh
pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja
seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris
1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”
pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell
A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan
dibawah ini:

# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai
pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel
dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.

2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di
tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1
kemudian select cell mulai A1
sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell
agar judul
laporan terletak ditengah-tengah tabel.


# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal
maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol
Bold
atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline
atau italic
.



3. Penggunaan AutoFill
Pada kolom No,
KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam
memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam
kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle
berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih.
Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah
menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah
diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah
pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan
tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.

Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk
membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit
digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat.
Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.

Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas
format table dengan beberapa template seperti memberi
border, warna border, warna cell dan style font
dengan klik tombol format table seperti ini
, kemudia akan muncul
pilihan style format tabel seperti berikut ini.


Gambar 1.4
# Kita
juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita
atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti
contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri
dengan cara:
* Untuk
membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal
ini mulai cell A7 sampai F15, kemudian
klik panah pada tombol
dan pilih All Border seperti pada tampilan
dibawah ini.

Nama : Lady Kurnia W
Kelas : X.1
No : 17
0 komentar:
Posting Komentar