umi n eryca

Logo SMA 1 TANGGUL

Jumat, 09 Maret 2012

Ms.Excel Vale_-_x1_-_35


TUGAS TIK

MS.EXCEL


(MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.

Mengenal Tipe Data Pada Excel 2000 Sebelum melangkah lebih jauh dengan Excel 2000, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal tipe-tipe data yang terdapat pada excel itu sendiri. 1. Tipe Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika.

Jumlah baris dan kolom            jumlah kolom pada Microsoft Excel berjumlah 256, yang dimulai dari abjad A hingga IV. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 65.536 baris.

Cell
Cell merupakan definisinya :
Nomor Baris
Nomor Kolom
Nama Range
Fungsi
Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal
dan horisontal.

Range
Range adalah Untuk mengurangkan data dalam range tertentu diperlukan sebuah formula array, tyang biasa digunakan pada perhitungan matriks.

Grid line
adalah garis bantu untuk kolom dan baris unuk mengatur
Untuk cara menghilangkan grid line / garis bantu
1.                    Caranya, klik tombol Office Button.
2.                   Kemudian klik tombol Excel Options di bagian bawah kotak dialog.
3.                   Lalu klik tombol Advanced.
4.                   Kemudian pada bagian Display options for this worksheet: hilangkan tanda cek atau un-contreng Show gridlines.

Wrap text :
ini berfungsi untuk mengatur beberapa baris tulisan didalam satu sel.

Operator aritmatika:
+ : tambah                                          * : kali
-   :  kurang                                            / : bagi
^ : pangkat

Statistik

Function (fungsi) adalah sederetan atau sekumpulan formula yang sudah disediakan oleh Excel untuk melakukan operasi tertentu dengan menggunakan nilai yang disebut argument. Sebagai contoh, fungsi SUM akan menjumlahkan nilai semua cell pada range. Argument (argument) dapat berupa bilangan, teks, nilai logika (TRUE atau FALSE), array, atau alamat cell/range. Jenis argument yang kita berikan harus sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada fungsi yang bersangkutan. Argument dapat berupa nilai konstan, formula, atau fungsi lain.

AVERAGE

Penjelasan: Menghasilkan nilai rata-rata untuk semua nilai yang diberikan.
Syntax: AVERAGE(bilangan1,bilangan2,…).
Contoh:
Jika range A1:A5 diberi nama Nilai dan berisi nilai 10, 7, 9, 27, dan 2, maka:
=AVERAGE(Nilai) menghasilkan 11.

Count
Penjelasan: Menghitung jumlah cell atau parameter/argument yang berisi bilangan. Parameter/argument yang berupa bilangan saja yang akan dihitung, selai itu tidak akan dihitung.
Syntax: COUNT(nilai1,nilai2,…).
Contohnya
 =COUNT(A1:A6) menghasilkan 3.

Penjelasan: Menghitung jumlah cell atau parameter/argument yang tidak kosong.
Syntax: COUNTA(nilai1,nilai2,…).
Contoh:

 =COUNTA(A1:A7) menghasilkan 6.
 
 Max
Penjelasan: Mencari bilangan terbesar dalam sekumpulan data yang diberikan.
Syntax: MAX(bilangan1,bilangan2,…).
Contoh:
Jika range A1:A5 berisi 10, 7, 9, 27, dan 2 maka:
=MAX(A1:A5) menghasilkan 27.
=MAX(A1:A5,30) menghasilkan 30.

Min
Penjelasan: Mencari bilangan terkecil dalam sekumpulan data yang diberikan.
Syntax: MIN(bilangan1,bilangan2,…).
Contoh:
Jika range A1:A5 berisi 10, 7, 9, 27, dan 2 maka:
=MIN(A1:A5) menghasilkan 2.

Median
Penjelasan: Mencari median (bilangan tengah) di dalam sekumpulan data yang diberikan.
Syntax: MEDIAN(bilangan1,bilangan2,…).
Contoh:
=MEDIAN(2,4,1,3,5) menghasilkan 3.
String
 string adalah fungsi untuk melakukan manipulasi data karakter / string. String
sendiri merupakan kumpulan karakter, angka, kombinasi huruf & angka
macam - macam String :
 
LEFT( ), digunakan untuk mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil
Penulisan Rumus LEFT :

=LEFT(data teks, jumlah karakter)
  
RIGHT ( ), Digunakan untuk mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil

Penulisan Rumus RIGHT :

=RIGHT(data teks, jumlah karakter)
  
MID ( ), Digunakan mengambil dari kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah karakter yang diambil

Penulisan Rumus MID :

=MID(Data teks, Karakter start/awal, Jumlah karakter)
  
VALUE( ), digunakan untuk merubah data teks menjadi numeric atau angka

Penulisan Rumus VALUE :
=VALUE( )
  
TEXT( ), digunakan untuk merubah data angka menjadi text (huruf)

Penulisan Rumus TEXT :
=TEXT( )
Concatenate
Fungsi Concatenate berguna untuk menggabungkan beberapa text string menjadi satu text string.

Cara penulisan fungsi Concatenat:

=CONCATENATE(Text1,Text2,Text3,)

SUM
Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan suatu data numerik (data berupa angka). Fungsi SUM ini sering sekali kita jumpai pada pengolahan data yang kita gunakan dikantoran.
=SUM(angka1;[angka2]


Sumif
Fungsi SumIf() digunakan untuk melakukan perhitungan proses sumary (menjumlahkan) suatu data dalam range dengan kondisi tertentu yang harus dipenuhi.

Cara penulisan:

SUMIF(range,criteria,sum_range)

 Sin
fungsi sin menghasilkan sines dari suatu bilangan yang menunjukkan bahwa sudut suatu bidang.
number. di isi dengan angka/ bilangan atau mengacu pada alamat sel

 Operator Logika
Kita juga dapat menyertakan operator logika dalam penulisan kondisi. Adapun operator
logika yang biasa digunakan adalah sebagai berikut .


NOT : digunakan untuk membalikkan nilai kondisi
 : NOT (kondisi)
 AND : digunakan untuk operasi konjungsi / dan
 : AND (kondisi1; kondisi2)
 OR : digunakan untuk operasi disjungsi / atau
: OR (kondisi1; kondisi2)

Fungsi logika
Pembahasan fungsi IF di atas dengan Tes Logika Tunggal, Tes Logika dapat dikembangkan
dengan tambahan salah satu fungsi AND , OR atau NOT. Bentuk fungsi IF dengan tes logika
yang dikembangkan adalah sebagai berikut :
Syarat : Nilai jika benar;Nilai jika salah

Merge cell :
untuk judul laporan terletak ditengah – tengah tabel


Sekian dari saya melakukan pembelajaran tentang ms. Excel beberapa saya ingat . bila ada kesalahan untuk di isinya saya mohon maaf sebesarnya. Kalau ada yang kurang saya mohon dimaafkan.
Sekian dan terima kasih

NAMA : Valeria G.
Kelas : X1
No : 35





0 komentar:

Posting Komentar