umi n eryca

Logo SMA 1 TANGGUL

Rabu, 24 Oktober 2012

Sejarah Ms. Word


MICROSOFT WORD 2003


word1_thumb3Komputer tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows XP saja, tetapi ia juga membutuhkan perangkat lunak program aplikasi komputer. Perangkat lunak program aplikasi digun`kan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Misalnya program aplikasi Office buatan Microsoft digunakan untuk melakukan pekerjaan perkantoran seperti mengolah data, mengolah angka, mengolah kata, membuat presentasi, dan membuat Web. Program aplikasi yang lain seperti CorelDraw 12 dan Adobe Photoshop 7.0 digunakan untuk membuat gambar dan desain gambar.

 

Mengenal Microsoft Office Word

Microsoft Office Word atau lebih dikenal dengan MS. Word merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. Program ini merupakan bagian dari program paket Micrpsoft Office.
Dengan MS. Word, anda bisa menulis buku, majalah, puisi, jadwal pelajaran, surat, dan lain sebagainya. Anda juga dapat membuat tulisan bergaya artistik, tabel, dan menyisipkan gambar. Bahkan bisa mendesain dokumen untuk publikasi di internet.


Cara mengaktifkan Microsoft Word, antara lain sebagai berikut.

Melalui Ikon Shortcut

Anda dapat menggunakan cara ini jika ikon shortcut sudah tersedia di layar Desktop. gerakkan pointer mouse pada shortcut Microsoft Office Word, kemudian klik dua kali ikon tersebut. Cara lainnya adalah dengan meng-klik kanan ikon Microsoft Office Word, pada menu pilihan berikutnya,, klik Open. Maka jendela MS. Word akan muncul pada layar Desktop.
clip_image0024_thumb

Melalui Start Menu

Letakkan pointer mouse pada tombol Start, kemudian klik kiri satu kali. Carilah shortcut Microsoft Office Word di panel kiri Start Menu, lalu klik satu kali ikon tersebut. Pada monitor akan tampil jendela MS. Word.
clip_image0026_thumb
GAMBAR: 48 Membuka Microsoft Word melalui Start Menu

Melalui All Programs

Klik satu kali tombol Start, lalu pilih All Programs di Start Menu. Pada pilihan yang muncul berikutnya, pilih folder Microsoft Office, kemudian carilah ikon Microsoft Office Word, lalu klik ikon tersebut. Maka jendela MS. Word akan muncul di Desktop.
clip_image0028_thumb

Melalui Windows Explorer

Cara ini bisa digunakan jika sebelumnya anda telah menyimpan dokumen Word. Untuk membuka MS. Word melalui Windows Explorer, klik kanan tombol Start, klik perintah Explore pada kotak pilihan yang muncul.
clip_image00210_thumb
Pada jendela Windows Explorer, klik lokasi penyimpanan dokumen Word tersebut. Selanjutnya klik dua kali file yang diinginkan pada area file list. Maka jendela MS. Word akan tampil di layar monitor.

Melalui My Recent Documents

Dokumen Word yang belum lama anda buat dapat dibuka melalui My Recent Document. Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk mempuka file yang baru saja dibuka.
Untuk membuka dokumen Word dari fasilitas ini, klik kiri tombol Start, kemudian pilih My Recent Documents > yang berada di panel kanan Start Menu. Selanjutnya klik shortcut file dokumen Microsoft Office Word yang tersedia. Maka jendela MS. Word akan muncul.

Mengenal Tampilan Jendela Microsoft Word

clip_image00212_thumb2

Keterangan-Keterangan

  1. Titel bar: berisi nama dokumen yang sedang aktif.
  2. Menu bar: adalah balok yang berisi deretan pilihan yang tersedia untuk mendukung pengolahan kata.
  3. Toolbar standard: merupakan balok yang berisi sekumpulan ikon perintah yang mendukung proses pengolahan suatu dokumen.
  4. Toolbar formatting: adalah balok yang berisi deretan ikon perintah untuk mendukung pengolahan teks.
  5. Ruler horizontal: adalah penggaris untuk mengatur ukuran margin atau tabulasi .
  6. Kursor: adalah tanda garis berkedip pada halaman Word yang aktif untuk menentukan bagian yang akan ditulis.
  7. Ruler Vertikal: adalah penggaris untuk mengatur ukuran margin atau tabulasi .
  8. Scroll bar vertikal: untuk menggulung halaman ke atas atau ke bawah.
  9. Scroll bar horizontal: untuk menggulung halaman ke samping.
  10. Status bar: berisi informasi jumlah halaman, nomor halaman yang sedang aktif, dll.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU FILE

  • clip_image00214_thumb1New : digunakan untuk membuat dokumen baru;
  • Open : perintah ini digunakan untuk membuka dokumen yang tersimpan;
  • Close : untuk menutup dokumen yang sedang aktif;
  • Save : perintah ini digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang aktif;
  • Save AS… : digunakan untuk menyimpan dokumen aktif dengan nama lain;
  • Save as Web Page… : untuk menyimpan dokumen aktif ke dalam format HTML yang dapat dibuka di situs web;
  • File Search… : untuk menelusuri file dokumen;
  • Web Page Preview : untuk menampilkan file doumen aktif dalam tata letak halaman web;
  • Page Setup… : untuk mengatur halaman dokumen yang sedang aktif;
  • Print Preview : untuk menampilkan tata letak dokumen aktif sebelum di-print;
  • Print… : untuk mencetak dokumen dokumen yang sedang aktif;
  • Send To > : untuk mengirim dokumen aktif melalui e-mail, faximile, atau ke Power Point untuk presentasi;
  • Properties : untuk mengatur atribut dokumen yang sedang aktif;
  • Exit : perintah untuk menutup atau mengakhiri aplikasi Microsoft Word.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU EDIT

clip_image00216_thumb1
  • Undo : untuk kembali ke perintah sebelumnya;
  • Repeat : untuk kembali ke perintah sesudahnya;
  • Cut : digunakan untuk memotong objek/teks terpilih;
  • Copy : untuk membuat salinan objek/teks terpilih;
  • Office Clipboard… : menampilkan objek/teks hasil cut/copy di dalam clipboard;
  • Paste : untuk menempelkan objek/teks hasil Cut/Copy;
  • Paste Special : untuk menempelkan hasil Copy/Cut sesuai format yang diinginkan;
  • Paste as Hyperlink : untuk menempelkan objek/teks terpilih sebagai kunci Hyperlink;
  • Clear : untuk membersihkan pemformatan atau menghapus teks/objek terpilih;
  • Select All : untuk memblok seluruh isi halaman dokumen aktif;
  • Find… : untuk melakukan penelusuran kata tertentu pada dokumen aktif;
  • Replace : untuk mengganti kata tertentu pada dokumen yang sedang aktif;
  • Go To… : perintah untuk pergi ke halaman tertentu pada dokumen yang sedang aktif;
  • Links : digunakan untuk membuat tautan dari teks/objek terpilih;

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU VIEW

clip_image00218_thumb2
  • Normal : untuk memilih tampilan jendela aplikasi Word dalam bentuk standar;
  • Web Layout : untuk memilih tampilan dokumen aktif dalam format halaman web;
  • Print Layout : untuk memilih tampilan halaman dokumen dalam format print-out;
  • Reading Layout : untuk menampilkan dokumen aktif seperti halaman buku;
  • Outline : pilihan ini hanya menampilkan garis tepi dari halaman dokumen aktif;
  • Taskpane : untuk menampilkan/menyembunyikan jendela Taskpane pada sisi kanan;
  • Toolbar : untuk menampilkan/menyembunyikan toolbar;
  • Ruler : untuk menampilkan /menyembunyikan tampilan penggaris pada jendela aplikasi Word;
  • Document Map : untuk menampilkan peta dokumen aktif seperti daftar isi;
  • Header and Footer : untuk pengaturan Header dan Footer dari dokumen aktif;
  • Footnote : untuk menampilkan catatan kaki dari dokumen aktif;
  • Full Screen : untuk menampilkan halaman dokumen dalam satu layar penuh;
  • Zoom… : untuk mengatur pembesaran tampilan dokumen aktif.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU INSERT

clip_image00220_thumb1
  • Break… : perintah ini untuk membuat halaman baru sesuai kursor aktif, memisahkan kolom teks, atau memisahkan Text Wraping;
  • Page Numbers… : untuk menyisipkan penomoran halaman dokumen aktif;
  • Date and Time… : untuk menyisipkan tanggal dan jam terkini ke dalam dokumen aktif;
  • Auto Text : untuk menyisipkan teks otomatis;
  • Symbol : untukmenyisipkan berbagai jenis simbol atau karakter khusus;
  • Comment : untuk menyisipkan komentar terhadap paragraf/teks terpilih;
  • Reference : untuk menyisipkan referensi ke halaman dokumen aktif;
  • Web component… : untuk menyisipkan komponen halaman web;
  • Picture : digunakan untuk menyisipkan gambar pada dokumen aktif;
  • Diagram : untuk menyisipkan chart/diagram ke dalam dokumen aktif;
  • Text Box : untuk menyisipkan objek/shape yang dapat diisi dengan teks;
  • File : untuk memnyisipkan file tersimpan ke dalam dokumen yang sedang aktif;
  • Object : untuk menyisipkan objek file format lain (selain dokumen Word) ke dalam dokumen aktif;
  • Bookmark : untuk menyisipkan halaman favorit ke dalam dokumen aktif;
  • Hyperlink : untuk menautkan teks/objek terpilih dengan file lainnya.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU FORMAT

clip_image00222_thumb2
  • Font… : perintah khusus untuk pengaturan teks/font (jenis huruf) pada paragraf terpilih;
  • Paragraph… : perintah khusus untuk pengaturan paragraf pada line terpilih;
  • Bullet and Numbering… : perintah untuk paragraf dengan format bullet dan penomoran;
  • Border and Shading : untuk memberikan garis tepi pada dokumen aktif;
  • Columns… : untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen terpilih;
  • Change Case… : untuk mengatur huruf kapital/huruf kecil pada teks terpilih;
  • Background : untuk mengatur warna latar halaman dokumen aktif;
  • Theme… : untuk mengatur tema /nuansa halaman dokumen;
  • Frames : untuk mengatur figura atau daftar isi pada dokumen aktif;
  • AutoFormat… : untuk mengatur format otomatis pada dokumen terpilih;
  • Styles and Formatting… : untuk mengatur gaya judul/subjudul dokumen aktif;
  • Reveal Formatting… : untuk menampilkan informasi pemformatan dari dokumen yang sedang aktif;
  • Insert Text Box : untuk menyisipkan objek Shape yang dapat diisi dengan teks.

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU TOOL

  • clip_image00224_thumb1Spelling and Grammar… : untuk mengecek pengejaan kata/sistem gramatika sesuai format bahasa tertentu;
  • Reseach… : perintah ini digunakan untuk keperluan riset/penelitian;
  • Language : perintah untuk mengatur/memilih jenis bahasa yang digunakan untuk pengejaan kata;
  • Fix Broken Text… : perintah untuk mengatasi kesalahan bahasa berdasarkan sistem bahasa yang terpilih;
  • Word Count… : perintah untuk menampilkan informasi jumlah kata/karakter dari dokumen yang sedang aktif;
  • Speech : perintah yang memungkinkan bagi sistem untuk mengucapkan teks terpilih sesuai bahasa tertentu.;
  • Compare and Merge Documents… : perintah untuk mengkomparasikan dokumen aktif dengan dokumen lain;
  • Protect Document… : perintah untuk memberikan password pada dokumen yang sedang aktif;
  • Online Collaboration : untuk mengkolaborasikan dokumen aktif secara online dengan pengguna lainnya;
  • Letters and Mail Merge : perintah untuk menjadikan dokumen aktif sebagai surat massal yang memungkinkan dikirimkan ke beberapa orang;
  • Options… : perintah untuk mengatur tampilan jendela aplikasi Word.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU TABLE

clip_image002_thumb2
  • Draw Table : perintah untuk tabel langsung dengan drag mouse pada area halaman dokumen;
  • Insert : untuk menyisipkan tabel;
  • Delete : perintah untuk menghapus dari sel/tabel terpilih;
  • Select : perintah untuk memilih kolom/kotak ke bawah dari kotak terpilih;
  • Merge Cells… : untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu cell;
  • Split Cells… : untuk memisahkan satu cell menjadi beberapa cell;
  • Table AutoFormat… : untuk mengatur table menjadi tabel format otomatis;
  • AutoFit : perintah untuk menjadikan perataan kanan-kiri tabel secara otomatis;
  • convert : perintah untuk mengubah format teks menjadi tabel (atau sebaliknya);
  • sort… : untuk mengurutkan isi beberapa tabel terpilih berdasarkan sistem abjad (dari A-Z atau Z-A);
  • formula… : perintah yang memungkinkan untuk memasukkan rumus penghitungan otomatis pada cell terpilih;
  • Table Properties… : perintah untuk masuk ke pengaturan khusus pada table/cell terpilih.

 

PERINTAH-PERINTAH PADA MENU WINDOW

  • clip_image0026_thumb2New Window : untuk membuat jendela dokumen baru;
  • Arrange All : untuk menapilkan satu persatu beberapa dokumen setelah memilih tampilan
  • Compare Side by Side with… : perintah ini akan aktif jika pengguna membuka lebih dari satu dokumen Word, untuk menampilkan dua jendela dokumen secara bersebelahan (kanan-kiri);
  • Split : untuk memisahkan satu dokumen aktif menjadi dua jendela.


TRIK MENGGUNAKAN TOMBOL KEYBOARD PADA MS. WORD

  • SHIFT+(…) : mengetik huruf kapital.
  • CAPS LOCK : mengetik semua teks huruf kapital.
  • NUMLOCK : mengaktifkan fungsi tombol numerik.
  • TAB : memajukan kursor beberapa spasi.
  • ENTER : membuat paragraf baru.
  • SPACEBAR : membuat renggangan (spasi).
  • BACKSPACE : menghapus karakter sebelah kiri kursor.
  • DELETE : menghapus karakter sebelah kanan kursor.
  • HOME : memindahkan kursor ke awal paragraf.
  • END : memindahkan kursor ke akhir paragraf.
  • PAGE UP : pindah setengah halaman sebelumnya.
  • PAGE DOWN : pindah setengah halaman berikutnya.
  • CTRL+A : memblok seluruh karakter.
  • CTRL+B : menebalkan karakter terpilih.
  • CTRL+C : men-copy (menyalin) karakter/objek terpilih.
  • CTRL+D : menggandakan karakter/objek terpilih.
  • CTRL+E : menjadikan teks rata tengah.
  • CTRL+F : pencarian kata tertentu dalam dokumen aktif.
  • CTRL+G : pergi ke halaman tertentu.
  • CTRL+H : mengganti (replace) kata tertentu.
  • CTRL+I : memiringkan karakter/objek terpilih.
  • CTRL+J : teks rata kanan-kiri.
  • CTRL+K : menautkan karakter terpilih dengan file lain.
  • CTRL+L : teks rata kiri.
  • CTRL+M : memajukan Left Indent & Hanging Indent.
  • CTRL+N : membuat dokumen baru.
  • CTRL+O : membuka dokumen tersimpan.
  • CTRL+P : mencetak dokumen aktif.
  • CTRL+Q : teks rata kanan.
  • CTRL+R : teks rata kanan.
  • CTRL+S : menyimpan dokumen aktif.
  • CTRL+T : memajukan baris kedua suatu paragraf.
  • CTRL+U : garis bawah (underline) karakter terpilih.
  • CTRL+V : menempelkan hasil copy/cut.
  • CTRL+W : menutup jendela aplikasi Word.
  • CTRL+X : memotong (cut) karakter/objek terpilih.
  • CTRL+Y : kembali ke perintah sesudahnya (redo)
  • CTRL+Z : kembali ke perintah sebelumnya (undo).
  • CTRL+} : memperbesar ukuran huruf.
  • CTRL+{ : memperkecil ukuran huruf.
  • CTRL+↑ : memindahkan kursor ke paragraf sebelumnya.
  • CTRL+↓ : memindahkan kursor ke paragraf berikutnya.
  • CTRL+← : memindahkan kursor ke depan 1 kata.
  • CTRL+→ : memindahkan kursor ke belakang 1 kata.
  • CTRL+HOME : memindahkan kursor ke awal dokumen.
  • CTRL+END : memindahkan kursor ke akhir dokumen.
  • CTRL+PAGE UP : pindah 1 halaman sebelumnya.
  • CTRL+PAGE DOWN : pindah 1 halaman berikutnya.
  • CTRL+F1 : mengaktifkan taskpane pada sisi kanan.
  • CTRL+F2 : masuk ke Print Preview.
  • CTRL+F4 : menutup jendela dokumen Word.
  • CTRL+F5 : memperkecil tampilan jendela (Restore Down)
  • CTRL+F9 : menyisipkan tanda kurung “{ }” otomatis.
  • CTRL+F10 : tampilan jendela 1 layar penuh (maximize).
  • CTRL+F12 : membuka dokumen yang tersimpan.
  • CTRL+[gulir mouse] : pembesaran tampilan dokumen.
  • ALT+F4 : menutup jendela MS. Word.
  • ALT+F : mengaktifkan menu File.
  • ALT+E : mengaktifkan menu Edit.
  • ALT+V : mengaktifkan menu View.
  • ALT+I : mengaktifkan menu Insert.
  • ALT+O : mengaktifkan menu Format.
  • ALT+T : mengaktifkan menu Tool.
  • ALT+A : mengaktifkan menu Table.
  • ALT+W : mengaktifkan menu Window.
  • ALT+H : mengaktifkan menu Help.

0 komentar:

Posting Komentar